17.3.13

Antogo : Ritual Aneh dan Gila Menangkap Ikan di Mali - gambar & video

antogo-1[6]

Benua Afrika terkenal dengan keanekaragaman tradisi yang sudah dijalankan ratusan tahun yang lalu. Begitu juga dengan ritual unik satu ini. Tepat di desa Bamba, di bagian utara negara Dogon di Mali, terletak sebuah danau kecil yang dianggap sacral oleh masyarakat sekitar di mana nelayan hanya diperbolehkan sekali setahun menangkap ikan , ritual unik ini disebut Antogo.


Di masa lalu, Bamba dikatakan adalah hutan hijau subur. Danau, yang dianggap suci dipenuhi oleh ikan yang memberikan kontribusi untuk kebutuhan makanan lokal. Tetapi karena perubahan iklim, desertifikasi, dan perjalanan waktu, kawasan ini secara bertahap menjadi kering, tidak subur dan tidak ramah.  Penduduk setempat kini menghadapi masalah besar seperti tidak tersedianya air.  Namun buat mereka  danau masih merupakan sumber daya berharga.
Acara Antogo  diselenggarakan pada bulan ke-6 dari musim kemarau, umumnya pada bulan Mei, namun tanggal yang tepat adalah ditentukan oleh tetua adat. Sabtu adalah hari pasar di Bamba, dan selama3  hari pertama pasar tongkat kayu ditempatkan di tengah-tengah danau, bertindak sebagai sinyal, peringatan bahwa ritual tersebut semakin dekat.
Pada hari yang akhirnya ditetapkan sebagai hari Antogo, ratusan orang berkumpul di sekitar danau Bamba.  3 kelompok terbesar yang dibentuk oleh keluarga yang paling dihormati dari  berbagai desa kuno  Dogon.  Kelompok dari Bamba sendiri biasanya yang terbesar. Kelompok-kelompok orang mempertahankan keheningan mistis kolektif, dengan  yang membaca mantra dan pujian bagi dewa. Ketika mereka selesai berbicara, menandakan Antogo  dimulai.

antogo-4[7]
Anak-anak dan laki-laki membentuk kerangka di sekitar danau. Para wanita dilarang berpartisipasi dalam ritual tersebut sebab mereka dianggap tidak suci karena siklus menstruasi.  Setelah bunyi gemerincing lonceng dan suara tembakan terdengar ratusan Dogon melompat liar ke dalam danau, membawa  keranjang ikan, mencoba untuk menangkap ikan sebanyak mungkin dan  secepat mungkin. Ikan tertangkap dengan cepat disimpan dalam tas kulit lokal. Semua ini berlangsung selama sekitar 15 menit, ketika tembakan menandai akhir dari ritual. Semua ikan yang ditangkap diletakkan bersama-sama dan diserahkan kepada orang tertua dari desa Bamba, dan  tetua desa yang akan memastikan tangkapan ikan didistribusikan di antara desa-desa.
antogo-5[7]
Menariknya, ritual adalah kontras yang kuat untuk aspek-aspek lain dari budaya Dogon. Orang-orang dari daerah ini memiliki antipati terhadap air yang aneh, dan mencoba untuk menghindarinya sebisa mungkin. Mereka lebih memilih untuk tinggal di sekitar batu, bukit-bukit dan semi-daerah sepi, jauh dari sungai Niger yang  ditakuti. Namun untuk festival Antogo, semua ketakutan dikesampingkan dan orang-orang melompat tepat ke dalam air untuk mendapatkan ikan.
Antogo

Antogo

Antogo



✿*~ Kalau suka entry ni, sila tekan LIKE ye... dan terima kasih kerana membaca ~*✿

No comments:

TUDUNG DENIM IRONLESS NARINA

Tudung Tahan Lasak dan IRONLESS. Siapa tak suka kan?  Tudung yang jimat masa untuk bersiap, malah senang untuk dijaga! Paling come...